• +62821 9503 2271
  • info@staisddimangkoso.ac.id

STAI DDI MANGKOSO BARRU

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DARUD DA'WAH WAL IRSYAD

Home Berita ketua stai ddi mangkoso bersama bupati barru menghadiri isra mikraj di siddo

Ketua STAI DDI Mangkoso bersama Bupati Barru menghadiri Isra Mikraj di Siddo

Barru, STAI DDI Mangkoso – Momentum Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw. merupakan momen penting dan peringatan hari besar bagi umat Islam. Sebagian besar umat Islam ada yang mengadakan kegiatan-kegiatan religi, sehingga dapat melaksanakan ibadah bersama.

Demikian khususnya di Kabupaten Barru, hampir di seluruh wilayahnya memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw., tentunya tidak terlepas sebagai wujud instrospeksi betapa pentingnya kewajiban salat bagi umat Islam.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah wal Irsyad (STAI DDI) Mangkoso, Dr. Muhammad Agus, STh.I., M.Th.I., pada beberapa kesempatan, mendapat undangan sebagai pembawa hikmah Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw., baik di dalam maupun luar daerah, baik instansi pemerintahan ataupun selainnya.

Pada hari Kamis (10 Maret 2022), Ketua STAI DDI Mangkoso, yang akrab disapa Ustaz Agus, menghadiri undangan acara Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw., sebagai pembawa hikmah Isra Mikraj di SMA Negeri 2 Barru, dan setelah itu dilanjutkan di Masjid Nurul Ittihad Siddo, Kecamatan Soppeng Riaja.
Tanggung jawab yang diemban sebagai pimpinan utama dalam lembaga Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Mangkoso, tidak lantas menjadikannya tak acuh dalam melayani permintaan masyarakat.


"Belajarlah bukan sekadar mencari ilmu. Tetapi, belajarlah karena kita ingin lebih dekat dengan Allah.”, ujar Ustaz Agus dalam hikmah Isra Mikrajnya, berpesan kepada siswa SMA Negeri 2 Barru.

Atas permintaan Kepala SMA Negeri 2 Barru kepada pembawa hikmah agar memimpin doa, dengan harapan semoga para siswa khususnya kelas XII dimudahkan oleh Allah dalam menempuh Ujian Sekolah yang akan berlangsung beberapa hari ke depan.


Adapun peringatan Isra Mikraj di Masjid Nurul Ittihad Siddo, yang juga dihadiri oleh Bupati Barru dan sejumlah pejabat daerah lainnya, mengangkat tema, “Menguatkan Iman, Memaksimalkan Ibadah, dan Memuliakan Akhlak”.


Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si., dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersamaan dan juga meramaikan masjid dalam berbagai kegiatan ibadah. Juga menginstruksikan kepada para pejabat yang hadir, agar ikut terlibat dalam memberi bantuan mushaf al-Quran, khususnya di masjid Nurul Ittihad Siddo, agar para jamaah bisa setiap saat membaca al-Quran bila mereka masuk ke dalam masjid.


Mengutip ungkapan Al-Barakah ma'al-jama'ah, yakni keberkahan selalu berada dalam kebersamaan, ketua STAI DDI Mangkoso dalam hikmah Isra Mikrajnya mengajak masyarakat Siddo untuk memaknai dan mewujudkan nama masjidnya, yaitu Nurul Ittihad yang berarti Cahaya Persatuan. Sehingga nama tersebut bukan sekadar nama, tetapi juga merupakan jati diri masyarakat Siddo yang selalu mengedepankan persatuan dan keharmonisan masyarakat.

Di samping itu, dalam hikmahnya juga mengajak masyarakat untuk selalu mendoakan kebaikan kepada para pemimpin, khususnya pemerintah. Karena tentunya, setiap kepemimpinan dan pemerintahan, selalu ada plus minusnya, kelebihan dan kekurangannya. Dengan harapan, jangan sampai kita hanya sibuk mengkritisi, tetapi lupa mendoakan kebaikan. Padahal, mendoakan kebaikan bagi pemimpin/pemerintah itu merupakan bagian dari tuntunan agama.