• +62821 9503 2271
  • info@staisddimangkoso.ac.id

Home Berita workshop orientasi dan pendampingan pengelolaan jurnal stai ddi mangkoso

Workshop Orientasi dan Pendampingan Pengelolaan Jurnal STAI DDI Mangkoso

 

.

 

Barru, STAI DDI Mangkoso -
Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da'wah wal Irsyad (STAI DDI) Mangkoso melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAI DDI Mangkoso menggelar Workshop Orientasi dan Pendampingan Pengelolaan Jurnal sekaligus Peluncuran (launching) Rumah Jurnal Risalah Addariyah yang diselenggarakan di Aula Pertemuan Lantai 3 Kampus I DDI Mangkoso. (13-15 Juli 2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen-dosen serta semua jajaran Pengelola Jurnal, dengan mengundang dua Narasumber, yaitu:

Narasumber I : Dr. Zaenal Abidin, S.S., M.H.I. yang menjabat sebagai Ketua Rumah Jurnal FAH UIN Alauddin Makassar.
Narasumber II : Nur Arifin, S.I.P., M.I.P. sebagai Sekretaris Rumah Jurnal UIN Datokarama Palu.

Mengangkat tema "Wujudkan Penelitian yang Bereputasi, Tersitasi, dan Terindeksasi melalui Pendampingan Pengelolaan Jurnal".

Dalam sambutannya, ketua STAI DDI Mangkoso, yaitu Dr. Muhammad Agus, S.Th.I., M.Th.I., menuturkan bahwa workshop ini diselenggarakan sebagai upaya pengembangan STAI DDI Mangkoso sekaligus menjadi motivasi bagi para dosen dan mahasiswa agar lebih meningkatkan budaya literasi, termasuk semangat menulisnya.

Narasumber Dr. Zaenal Abidin menjelaskan dengan rinci terkait prosedur, persyaratan-persyaratan, dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan jurnal, mengingat bahwa jurnal merupakan ruh dari Perguruan Tinggi. Beliau juga menjelaskan bahwa salah satu hal yang paling penting dalam pengelolaan jurnal adalah integritas, keikhlasan, dan kesabaran.

Dengan adanya kegiatan yang mengolaborasikan dua Narasumber ini, tidak hanya membangkitkan semangat menulis bagi jajaran Dosen dan Tim Pengelola Jurnal STAI DDI Mangkoso, tetapi juga mendapatkan insight yang sangat luas, bermanfaat, bukan hanya sekadar materi, tetapi termasuk simulasi pembuatan hingga pemublikasian jurnal.

Ketua STAI berharap, semoga dengan launching-nya Rumah Jurnal Risalah Addariyah ini, menjadi wasilah terciptanya silaturahim ilmiah dari berbagai pihak, termasuk para alumni Pondok Pesantren DDI Mangkoso yang telah berkiprah di Perguruan Tinggi lain, untuk ikut berpartisipasi di Rumah Jurnal tersebut, baik sebagai author maupun sebagai reviewer.