• +62821 9503 2271
  • info@staisddimangkoso.ac.id

Home Berita kegiatan penyampaian materi kuliah umum oleh gurutta dr h abd rauf amin lc ma

KEGIATAN PENYAMPAIAN MATERI KULIAH UMUM OLEH GURUTTA Dr. H. Abd. Rauf Amin, L.C., M.A.

MANGKOSO, Dalam rangka pembukaan semester ganjil tahun akademik 2022/2023 STAI DDI Mangkoso melaksanakan kuliah tamu dengan tema “Kontribusi Fikih Realitas dalam Pengembangan Kajian Hukum Islam”. Sebagai narasumber adalah Gurutta Dr. H. Abd. Rauf Amin, LC., M.A. kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2022 M di Masjid Akdwah Mangkoso.

Gurutta Dr. H. Abd. Rauf Amin, LC., M.A. menyampaikan bahwa kita tidak boleh kaku dalam menyikapi hukum. Seperti, merayakan maulid, barasanji, peringatan isra mi’raj dan lain-lain. Beliau menegaskan bahwa ada golongan tertentu yang mencoba untuk memecah bela umat dengan mengatakan peringantan maulid, barasanji, isra mi’raj adalah bid’ah sebab tidak memiliki dasar yang kuat dari al-Qur’an dan hadis. Lanjut beliau bahwa hukum mengerjaknnya diperbolehkan bahkan dianjurkan jika tujuannya murni karena Allah dan kecintaan terhadap Rasulullah. Orang-orang yang merayakannya dengan perbuatan ibadah akan mendapatkan pahala dari Allah.

Mahasiswa/i sangat antusias mengikuti Kuliah Tamu ini, sebab temanya sangat menarik, apalagi disampaikan oleh ahlinya. Yaitu, Dr. H. Abd. Rauf Amin, LC., M.A. beliau adalah alim di bidang usul fikih sebab SI, S2, dan S3 di al-Ashar Mesir.