• +62821 9503 2271
  • info@staisddimangkoso.ac.id

Home Berita workshop kurikulum dan penyusun rencana pembelajaran semester rps

Workshop Kurikulum dan Penyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

 

 

 

Mangkoso - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DDI Mangkoso menggelar Workshop Kurikulum dan Penyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang dilaksanakan pada Rabu, 27 Juli 2022 bertempat di ruang pertemuan Lt. 3 gedung STAI DDI Mangkoso.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua STAI DDI Mangkoso, Dr. Muhammad Agus, M.Th.I. dan dihadiri oleh para dosen dan pengelola perguruan tinggi lingkup STAI DDI Mangkoso.

Dalam sambutannya, Ketua STAI mengapresiasi Workshop ini sebagai langkah awal untuk perbaikan dan pengembangan perguruan tinggi. Terlebih lagi, kurikulum diibaratkan sebagai jantung perguruan tinggi, yang dengannya proses pengelolaan dan perkuliahan dapat berjalan dengan baik.

"Sebuah kesyukuran yang besar atas terselenggaranya workshop ini karena tentunya kita semua menyadari bahwa begitu pentingnya Kurikulum yang baik dalam proses perjalanan perguruan tinggi". Ungkapnya.

Workshop Kurikulum ini menghadirkan narasumber yang kompeten, yaitu Dr. Hj. St. Syamsudduha, M.Pd.,. Ia merupakan salah seorang dosen dari fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dan diakui sebagai pakar Kurikulum dari Universitas tersebut.

Kegiatan workshop ini dibagi dalam sesi. Pertama, Penyusunan Kurikum Program Studi. Kedua, Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Dalam memaparkan materinya, narasumber tak henti-hentinya memotivasi para dosen dan pengelola untuk sesegera mungkin membentuk tim pengembangan kurikulum, di mana ia menyampaikan keterbukaan dan kesediaannya untuk selalu dimintai konsultasi dalam proses penyusunan kurikulum tersebut.

"Hanya dua kalimat yang perlu menjadi prinsip bersama, yaitu ; tulis apa yang sudah dilakukan dan lakukan apa yang sudah ditulis". Tegasnya.

Dengan terselenggaranya Workshop Kurikulum dan Penyusunan RPS ini diharapkan para peserta memiliki kompetensi terkait materi yang disajikan itu dan pada akhirnya menjadi modal besar dalam pengembangan STAI DDI Mangkoso.