• +62821 9503 2271
  • info@staisddimangkoso.ac.id

Home Berita kuliah tamu stai ddi mangkoso

KULIAH TAMU STAI DDI MANGKOSO

STAI DDI Mangkoso, mengawali tahun akademik 2023/2024 dengan melakukan kuliah tamu tepatnya hari rabu tanggal 06-09-2013. Dr. Muhammad Agus, M.Th.I. selaku ketua STAI DDI Mangkoso membuka kegiatan kuliah tamu tersebut. Beliau menyampiakan kepada mahasiswa/i bahwa hari ini adalah hari Rabu dimana proses pembelajaran dimulai.

Lanjut beliau bahwa hari ini dipertemukan tiga kemulian. Pertama, mulianya waktu. Setiap ada hajatan di Mangkoso maka AG. H. Abdurrahman Ambo Dalle memulainya di hari Rabu. Karena itu, kita harus mengikuti tafaul yang dilakukan oleh AG. H. Abdurrahman Ambo Dalle. Dengan dasar dalil dalam kitab ta’limul mutaallim yang artinya “tiada segala sesuatu yang dimulai pada hari Rabu, kecuali akan menjadi sempurna. Kedua, mulianya tempat. Masjid ini adalah tempat dimana AG. H. Abdurrahman Ambo Dalle mendapatkan Lailatul Qadar. Pada saat turun lailatu Qadar beliau memohon kepada Allah agar semua yang belajar di DDI diberikan ilmu yang berkah. Ketiga, mulianya pembicara sebab yang menjadi narasumber pada kuliah umum ini adalah murid langsung AG. H. Abdurrahman Ambo Dalle. Yaitu, Prof. Dr. AG. H. Muh. Faried Wadjedy, L.C., M.A. dan Prof. Dr. AG. H. Abdul Rahim Arsyad, L.C., M.A. 

Ketua STAI DDI Mangkoso mengkahiri sambutanya dengan menyampaiakan kepada mahasiswa/i bahwa kuliah di Mangkoso bukan hanya untuk mendapatkan ilmu, tetapi juga membentuk karakter (memiliki akhlak mulia), dan mulianya seseorang karena iman dan ilmux, tapi akan sempurna lagi jika didahului dengan adab.