• +62821 9503 2271
  • info@staisddimangkoso.ac.id

Home Berita pelatihan rip renstra dan renop ptkis

PELATIHAN RIP, RENSTRA, DAN RENOP PTKIS

PELATIHAN RIP, RENSTRA, DAN RENOP PTKIS

DALAM LINGKUP WILAYAH VIII SULAWESI, MALUKU DAN PAPUA

MAKASSAR, dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Mangkoso mengikuti pelatihan penyusunan Rencana Induk Pengembangan (RIP), Rencana Strategis (Renstra), dan Rencana Operasional (Renop) yang difasilitasi oleh Kopertais Wilayah VIII. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari mulai tanggal 14 – 16 Desember di Hotel Denpasar Makassar.

Sekretaris Kopertais Wilayah VIII Dr. H. Nur Taufiq, M.Ag membuka pelatihan tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan agar setiap PTKIS harus memiliki RIP, Renstra, dan Renop (3R) sebagai road Map Perguruan Tinggi dalam melaksanakan kegiatan baik yang bentuknya jangka panjang, menengah, dan jangka pendek. Lanjut beliau unsur pimpinan Perguruan Tinggi harus berani mengambil sikap untuk selalu mengikuti perkembangan pendidikan. Karena itu, semua Perguruan Tinggi dalam lingkup Kopertais Wilayah VIII wajib memiliki RIP, Renstra, dan Rip (3R).

Dr. Rosihan Aslihuddin sebagai nara sumber pada pelatihan itu. Beliau menyampaikan bahwa luaran dari Rip, Renstra, dan Renop (3R) adalah perhatian besar terhadap pemberdayaan sumber daya. Karena itu, 3R akan hidup jika kita komitmen dengan pelaksanaan program kegiatan dengan target yang telah ditentukan.

Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk membekali unsur pimpinan setiap lembaga agar dapat menyusun program-program strategis yang terstrukur sesuai dengan RIP, Renstra, dan Renop, sehingga Program Studi bisa terakreditasi unggul.